Rabu, 18 Juli 2012

Guideline Gerakan 1001 tulisan untuk muslimah

Diposting oleh Unknown di 21.39




“Hijab Seorang Muslimah dalam Segores Tinta”

A.    Deskripsi 1001 Tulisan untuk Muslimah
     Hijab telah menjadi identitas dan karakter yang tidak dapat dipisahkan dari muslimah, baik di Indonesia maupun di dunia global. Berbagai fase telah mewarnai sejarah pemakaian hijab oleh seorang wanita, terlebih seorang muslimah. Bukan hal asing lagi, jika kita mendengar seorang muslimah tidak dapat bekerja lantaran dia mengenakan hijab, atau larangan besar-besaran bagi seorang muslimah untuk mengenakan hijabnya, terlebih kisah yang paling mengguncang di awal permulaan abad ke- 21 ini adanya seorang wanita yang dibunuh lantaran mempertahankan hijabnya. Itu adalah beberapa review mengenai sejarah perjalanan muslimah dari dunia global. Lantas bagaimana dengan hijab di Indonesia?
    Indonesia merupakan sebuah negara demokrasi yang mengizinkan rakyatnya memeluk agama dan menjalankan peribadatan agamanya sebebas-bebasnya. Dalam hal ini, termasuk muslimah. Jika kita lihat, saat ini hijab telah menjadi kebebasan mutlak bagi seorang muslimah. Bahkan, hijab telah trend tersendiri yang cukup menghidupkan dunia fashion Indonesia. Terlepas kebebasan tersebut, beberapa waktu lalu hijab masih menjadi sesuatu yang dilarang di negara ini. Hegemoni larangan pemakaian jilbab yang demikian lama dan panjang tentunya terkait dengan berbagai sistem dan tidak semudah itu dihapus. Meskipun banyak kalangan menyatakan berhijab merupakan kebebasan dan seorang mslimah berhijab akan mendapatkan hak yang sama dengan wanita lainnya, tetapi beberapa waktu lalu media memaparkan adanya sebuah rumah sakit dan perusahaan yang melarang pemakaian hijab di institusinya. Oleh sebab itu, kami menginginkan muslimah, wanita, atau laki-laki dengan latar belakang apapun bersuara mengenai pandangan mereka tentang hijab. 
    1001 Tulisan untuk Muslimah adalah sarana yang kami buat untuk mengumpulkan tulisan dan cerita inspiratif mengenai hijab (jilbab) dalam kehidupan muslimah secara global. Yang kami maksud global disini bukan hanya yang terjadi di Indoensia, melainkan juga yang terjadi di dunia global. Pengumpulan cerita ini dimaksudkan untuk menambah wawasan global, menguatkan muslimah yang belum berhijab supaya mendapatkan dukungan moril untuk berhijab, serta untuk melihat pandangan masyarakat umum terhadap perempuan yang berhijab.



B.    TEMA  1001 TULISAN UNTUK MUSLIMAH

Tema 1001 cerita Muslimah adalah “Hijab Seorang Muslimah dalam Segores Tinta”
Sedangkan sub tema 1001 Tulisan untuk Muslimah antara lain:
1.    Sejarah perjuangan jilbab
2.    Essensi dan substansi dari jilbab antara fashion dan syar’i3. 
3.    Pengaruh hijab di Indonesia terhadap industri fashion. 
4.    Hijab, I’am in love

C.    TIME LINE

Periode pertama         : 21 – 30 Juli 2012
Perode kedua             : 31 Juli – 9 Agustus 2012
Perode ketiga             : 10 Agustus – 19 Agustus 2012
Periode keempat         : 20 Agustus – 29 Agustus 2012
Periode kelima             : 30 Agustus – 3 september 2012.

Penutupan             : 4 September 2012
Pengumuman Pemenang Utama : 4 september 2012

D.    REWARD PEMENANG

a.    Masing – masing partisipan mendapatkan sertifikat
b.    1 karya terpilih setiap periode mendapatkan bingkisan menarik
c.    1 pemenang utama mendapatkan bingkisan menarik dan berkesempatan menjadi keynote speaker dalam acara Muslimah Day, pada 14 September 2012
*Reward dapat bertambah sewaktu-waktu
        


D.    PROSEDUR BERGABUNG DI 1001 TULISAN untuk MUSLIMAH

Ketentuan umum berpartisipasi dalam 1001 Tulisan untuk Muslimah adalah :
a.    1001 Tulisan untuk Muslimah terbuka untuk siapa saja yang ingin berpartisipasi, tidak melihat agama, usia, suku, ras, ataupun jenis kelamin.
b.    1001 Tulisan untuk Muslimah tidak ditujukan untuk  kegiatan komersil. Hasil tulisan yang terkumpul akan dipublikasikan melalui jejaring sosial dan web.
c.    Tulisan yang dikirimkan tidak boleh mengandung unsur SARA dan harus sesuai dengan tema dan sub tema.
d.    Tulisan yang dikirimkan merupakan hasil karya pribadi, bukan jiplakan atau saduran dari tulisan orang lain.
e.    Tulisan dapat berbentuk esay populer atau cerita lepas.
f.    Tulisan dikirimkan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
g.    Tulisan  yang dikirimkan 1 – 5 Hal A4, Times New Roman, Font 12. 1,5 Spasi.
h.    Tulisan menyertakan data diri, nomor kontak apabila sewaktu-waktu dihubungi oleh panitia, dan daftar pustaka jika ada pada halaman terakhir setiap tulisan yang dikirimkan.
i.    Tulisan dikirimkan ke gebyar.muslimah@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Gebyar Muslimah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea